8 Efek Samping Pil KB Resiko dan Kontradiksinya

Pil KB merupakan salah satu alat kontrasepsi yang cukup populer di kalangan keluarga Indonesia. Banyak ibu mengkonsumsi pil ini sebagai upaya untuk mencegah atau menunda kehamilan mereka. Selain alasannya efektivitasnya yang tinggi hingga mencapai 99% , penggunaan pil KB juga banyak dipilih alasannya harganya yang relatif murah dan keberadaannya mudah didapat. Dengan banyaknya varian merk Pil KB menyerupai pil KB Yasmin , Andalan , Diane 35 , Andalan Laktasi , YAZ , Exluton , dan pil Kombinasi , para ibu pengguna pil KB semakin dimanjakan. Namun , di balik kelebihan dan fasilitas dalam penggunaannya , tahukah Anda kalau pil KB rupanya mampu menimbulkan beberapa efek samping. Seperti diutarakan oleh dr. Setyono Wiratmojo , Sp.OG dari RS. Harapan Bunda , Jakarta , sedikitnya ada 8 efek samping pil KB yang mampu terjadi pada para wanita yang mengkonsumsinya. Apa saja efek samping Pil KB tersebut? Simak uraiannya berikut ini!

Efek Samping Pil KB

Efek Samping Pil KB

Dalam mencegah kehamilan , pil KB yang umumnya mengandung hormon estrogen dan progestin akan bekerja memperkecil peluang terjadinya pembuahan dengan cara menghambat ovulasi indung telur atau terlepasnya sel telur pada wanita sehingga sp*rma menjadi kesulitan untuk menempel di lapisan rahim. Dengan cara kerja yang demikian , efektifitas penggunaan pil KB menjadi sangat tinggi. Dari 100 wanita yang menggunakan alat kontrasepsi ini , diperkirakan hanya sekitar 1 orang yang akan mengalami kegagalan dan hamil.

Dibalik efektivitasnya yang tinggi dalam upaya mencegah kehamilan , konsumsi pil KB rupanya juga dapat menimbulkan beberapa efek samping bagi para penggunanya. Beberapa efek samping pil KB tersebut antara lain:

1. Sakit Kepala

Pada masa awal penggunaannya , pil KB sering kali menyebabkan sakit kepala berdenyut dan migran para pemakainya. Efek samping ini terjadi alasannya pengaruh keadaan hormon estrogen yang tengah berfluktuatif di dalam tubuh. Sakit kepala serupa juga sering Anda rasakan ketika masa pra-menstruasi atau ketika pertama kali mengalami haidh.

2. Payudara Tidak Nyaman

Sama menyerupai sakit kepala , efek samping pil KB selanjutnya ini juga akan terjadi di masa awal penggunaan pil KB alasannya fluktuatifnya kadar hormon estrogen di dalam tubuh Anda. Perasaan keras dan tidak nyaman di payudara akan timbul di bulan-bulan pertama konsumsi , namun dia akan hilang setelah 3 bulan penggunaan rutin dan tidak akan muncul lagi.

3. Mual dan Muntah

Selama 2 bulan awal penggunaan , reaksi mual juga kemungkinan akan timbul pada beberapa wanita. Reaksi ini bersifat sementara terutama ketika Anda hendak mengkonsumsinya. Untuk mengatasinya , cobalah untuk menelan pil KB bersamaan dengan makanan-makanan berkarbohidrat menyerupai nasi atau pisang.

4. Pendarahan Ringan dan Flek Kecoklatan

Pendarahan tiba-tiba di luar masa haid juga merupakan salah satu efek samping Pil KB yang wajib diketahui. Banyak wanita yang merasa terkejut dan khawatir akan gejala ini. Untuk mengatasinya , usahakan untuk mengkonsumsi pil pada waktu yang sama setiap harinya. Bila keadaan tak kunjung membaik , berkonsultasilah pada tenaga kesehatan di sekitar lingkungan Anda.

5. Berat Badan Naik

Tak sedikit ibu yang mengalami kenaikan berat tubuh setelah dia rutin mengkonsumsi pil KB. Efek samping ini ialah yang paling tidak disukai mereka alasannya akan mengganggu penampilan tubuh. Jika Anda mengalaminya dan merasa terganggu dengan ukuran tubuh yang menjadi gendut , beralihlah untuk memilih metode KB yang lain.

6. Flek Hitam dan Jerawat

Pada beberapa kasus , penggunaan pil KB juga dapat menyebabkan timbulnya beberapa duduk perkara kulit menyerupai flek hitam dan jerawat. Jika Anda mengalami efek samping ini , segera hentikan pemakaian dan konsultasikan duduk perkara tersebut pada dokter Anda. Jangan hingga alasannya penggunaan metode kontrasepsi ini wajah Anda rusak dan tingkat kepercayaan diri Anda menurun.

7. Gairah Berhubungan Menurun

Gairah bekerjasama yang menurun juga merupakan efek samping pil KB yang cukup sering terjadi. Jika Anda mengalaminya , usahakan gantilah merk pil KB yang Anda konsumsi. Pil KB yang mengandung hormon androgen umumnya tidak menimbulkan duduk perkara yang sama. Jika tidak berhasil juga , gantilah metode kontrasepsi Anda.

8. Perubahan Suasana Hati

Secara mendadak , suasana hati Anda juga dapat segera berubah dengan cepat alasannya efek samping dari penggunaan Pil KB. Keadaan hormonal tubuh Anda menjadi penyebab utamanya. Jika sering mengalami duduk perkara ini , beralihlah ke metode KB yang bersifat non-hormonal , supaya mood Anda tidak terganggu sepanjang hari alasannya konsumsi pil KB.

Nah , itulah beberapa efek samping Pil KB yang wajib Anda ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakan metode kontrasepsi ini. Pastikan pula untuk berkonsultasi ke dokter atau bidan Anda sebelum menentukan jenis KB yang sempurna , supaya Anda menerima metode yang sesuai dengan keadaan tubuh Anda.

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser