6 Tanda Persalinan Sudah Dekat yang Pasti Akan Anda Alami

Pada usia tanda persalinan sudah dekat.

Tanda Persalinan Sudah Dekat

Persalinan normal merupakan suatu proses yang cukup panjang dan sangat melelahkan. Sebelum memasukinya , Anda bakal mengalami beberapa tanda. Namun , perlu diketahui bahwa tidak semua wanita akan mengalami tanda-tanda yang sama. Untuk mempersiapkan diri dan bersiaga menghadapi proses ini , Anda mampu memperhatikan 6 tanda persalinan sudah dekat yang pasti dialami oleh setiap wanita berikut ini:

Tanda Persalinan Sudah Dekat

1. Nyeri Punggung

Tanda awal persalinan yang sudah mulai bersahabat bermula dari timbulnya rasa nyeri pada adegan pinggang atau punggung. Rasa nyeri punggung ini biasanya disertai dengan sakit perut atau kram yang rasanya persis sama menyerupai yang terjadi sebelum menstruasi.

Rasa nyeri punggung timbul selain karena pengaruh ukuran perut , juga disebabkan oleh pengaruh hormon kehamilan yang telah melonggarkan sendi atau ligamen pada tulang panggul Anda ke arah tulang belakang.

Tanda Persalinan Sudah Dekat

2. Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat

Beberapa hari atau jam sebelum persalinan , secara fisiologis posisi bayi akan turun ke arah tulang panggul. Keadaan ini membuat ia menjadi lebih sering bersandar pada kandung kemih , sehingga membuat frekuensi buang air kecil jadi semakin meningkat dibanding hari-hari biasanya. Perlu diketahui bahwa meningkatnya frekwensi buang air kecil ini merupakan tanda persalinan sudah dekat yang hampir dialami oleh semua wanita yang akan melalu tahapan melahirkan normal.

3. Keluar Lendir Kental Bercampur Darah

Selama hamil , verbal rahim ditutupi oleh lendir kental , namun ketika persalinan sudah bersahabat , lendir ini umumnya akan keluar lewat jalan lahir jawaban melebarnya verbal rahim. Keluarnya lendir yang mampu berwarna bening , merah muda , atau bercampur sedikit darah ini merupakan salah satu tanda bahwa persalinan sudah bersahabat yang juga harus diantisipasi. 

4. Merasakan Kontraksi Palsu

Sebelum persalinan , kontraksi palsu atau yang biasa disebut Braxton Hicks akan terjadi datang dan pergi. Kontraksi yang hanya terasa di adegan perut ini berlangsung 30 hingga 120 detik dengan rasa yang tidak sekuat kontraksi sungguhan ketika melahirkan. Kontraksi Braxton Hicks akan dialami oleh setiap wanita menjelang persalinannya. Kontraksi yang merupakan tanda persalinan sudah dekat ini akan terjadi sebelum wanita mengalami kontraksi bekerjsama ketika akan melahirkan. [Baca : Perut Ramping setelah Melahirkan]

5. Perubahan pada Serviks

Menjelang persalinan , jaringan di sekitar verbal rahim secara fisiologis akan melunak dan menjadi sangat elastis. Jika sebelumnya sudah pernah melahirkan , Anda akan mencicipi verbal rahim Anda membesar sekitar 1-2 cm sebelum persalinan. Namun bila Anda gres kali pertama mengalami ini , pembukaan verbal rahim sebesar 1 cm , tidak dapat menjamin Anda akan segera melahirkan.

6. Pecah Air Ketuban

Pecah air ketuban umumnya terjadi setelah kontraksi mulai terasa. Namun , sebagian wanita ada juga yang mengalami pecah ketubah sebelum ia mencicipi kontraksi. Yang menjadi ancaman yaitu jikalau setelah ketuban pecah , wanita tidak mengalami kontraksi. Kondisi ini menimbulkan si bayi di dalam rahim akan mudah terkena nanah mengingat cairan tameng yang melindunginya telah luruh dan habis keluar.

Jika wanita sudah mengalami pecah ketuban , sesegera mungkin bawalah ia ke rumah sakit. Jangan biarkan bayi Anda terlalu lama tanpa pelindung di dalam perut ibunya. Persalinan yang dibantu dokter akan dengan cepat dan berlangsung minimal 24 jam setelah tanda terakhir persalinan sudah bersahabat ini terjadi.

Nah , itulah keenam tanda persalinan sudah dekat yang pasti dialami oleh setiap wanita yang akan melahirkan. Pahami tanda-tanda ini dan pastikan Anda siap disegala kondisi untuk menyambut lahirnya sibuah hati yang telah lama dinanti-nanti.

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser