Makanan Pengganti Nasi Untuk

makanan pengganti nasi untuk ibu hamil yang aman dan tetap dapat mensukseskan kegiatan diet kehamilan? Berikut ini kami telah membuat daftarnya.

Makanan Pengganti Nasi Untuk yang Aman

Nasi putih umumnya memiliki indeks glikemik (Glikemik Index / GI) yang cukup tinggi , yaitu sekitar 70-80. Hal ini menyebabkan nasi putih dapat lebih cepat diserap menjadi gula darah dan menjadikan kegemukan. Oleh sebab itu , untuk menggantikan nasi diharapkan banyak sekali jenis penganan sumber karbohidrat yang memiliki indeks glikemik yang rendah. Sumber karbohidrat pengganti nasi tersebut antara lain pasta , jagung , sukun , singkong , dan ubi jalar.


1. Pasta
Pasta merupakan makanan pengganti nasi yang cukup baik bagi ibu yang tengah menjalani kegiatan diet kehamilan. Pasta memiliki indeks glikemiks yang rendah (sekitar 4 ,1) namun tetap dapat mencukupi kebutuhan karbohidrat ibu hamil. Selain itu , ia juga mengandung dalam jumlah banyak asam folat sehingga dapat membantu pembentukan sistem syaraf pada janin.

2. Jagung
Jagung memiliki indeks glikemik sekitar 55 , lebih rendah dari nasi. Oleh sebab itu , ia juga merupakan salah satu varian makanan pengganti nasi bagi ibu hamil. Jagung juga mengandung antioksidan , sumber vitamin B , mineral , dan serat sehingga cukup baik bagi kesehatan ibu hamil.

3. Sukun
Sukun mengandung senyawa flavonoid yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal dan jantung. Indeks glikemiknya juga cukup rendah sehingga aman dikonsumsi orang yang mengalami duduk perkara obesitas dan diabetes. Tidak ibarat nasi , sukun dapat tetap menyediakan asupan karbohidrat bagi tubuh namun tidak berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan.

4. Singkong
Singkong merupakan makanan pengganti nasi yang memiliki jumlah serat paling banyak. Selain untuk mensukseskan kegiatan diet kehamilan , konsumsi kentang juga dapat mengatasi sembelit yang sering menyerang ibu hamil. Perlu diketahui  bahwa indeks glikemik materi pangan ini hanya sekitar 55.

5. Ubi Jalar
Ubi jalar atau mantang merupakan makanan pengganti nasi yang cukup memiliki banyak manfaat. Selain indeks glikemiknya yang rendah (sekitar 54) , ubi jalar juga kaya akan akan vitamin A , C , dan mineral kalium.

Demikianlah beberapa makanan pengganti nasi untuk ibu hamil yang aman bagi ibu hamil. Mengkonsumsi makanan-makanan ini selama kehamilan selain dapat menghilangkan rasa lapar juga dapat memberi banyak manfaat.

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser