Jangan tunda imunisasi pada anak

Bundafarrel.com-- Setiap bayi membutuhkan imunisasi, karena bayi belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang cukup kuat untuk melawan bakteri dan virus. Namun saat ini ternyata tidak sedikit orang tua yang menganggap remeh mengenai jadwal vaksinasi bayi dan Banyak juga yang cenderung menunda imunisasi untuk anak. yang menjadi pertanyaan nya adalah bolehkah menunda pemberian imunisasi pada anak? dan apa efek menunda pemberian imunisasi anak atau bayi?

Imunisasi merupakan Salah satu usaha untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit. Jika jeda dari pemberian satu vaksin ke vaksin imunisasi selanjutnya berselang cukup jauh, maka dikhawatirkan kemampuan tubuh bayi atau anak untuk mengenali suatu virus atau bakteri menjadi lebih lama, jadi menurut para ahli imunisasi tidak perlu ditunda dan harus sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Alasan kenapa jangan menunda pemberian imunisasi pada anak

Pentingnya imunisasi tepat waktu karena Jadwal untuk imunisasi tidak ditetapkan secara acak. Jadwal itu dibuat berdasarkan hasil penelitian tahunan dan melalui percobaan klinis yang menentukan kapan tubuh anak bisa merespon imunisasi secara optimal. Jadwal itu ditentukan agar anak mendapatkan hasil dan memperoleh perlindungan maksimal. Antibodi yang dimiliki bayi saat lahir memberikan perlindungan alami yang bisa mengganggu kinerja vaksin jika diberikan pada waktu yang salah.

Ada orangtua sengaja menunda jadwal imunisasi karena khawatir kondisi anaknya dan merasa cemas terhadap kondisi anaknya yang sedang kurang fit untuk di imunisasi, jika hal ini terjadi boleh-boleh saja imunisasi ditunda beberapa hari dan tidak berselang terlalu lama namun usahakan untuk memberikan imunisasi sesuai jadwal dan Jangan menunda imunisasi pada anak.

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser