Manfaat Alpukat untuk Apa Saja? Ini Jawabannya!

Ada begitu banyak manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dengan mengkonsumsi buah alpukat selama kehamilan. Oleh karenanya tak jarang bidan atau dokter kandungan akan cenderung merekomendasikan Anda untuk menambahkan buah yang baik untuk ibu hamil ini ke dalam daftar makanan harian Anda. Apa saja manfaat alpukat untuk ibu hamil? Seberapa banyak konsumsi buah alpukat yang dianjurkan selama kehamilan? Penasaran? Simak pemaparan kami berikut ini.

Manfaat Alpukat untuk

Manfaat konsumsi buah alpukat selama kehamilan ternyata cukup banyak. Manfaat-manfaat tersebut bersumber pada adanya kandungan nutrisi dalam daging buahnya yang berwarna kuning yang antara lain vitamin E , vitamin K , vitamin C , vitamin B6 dan B5 , kalium , karotenoid , magnesium , asam folat , lutein , dan serat.

manfaat alpukat untuk ibu hamil

1.  Mencegah dan Mengatasi Mual

Beberapa ibu hamil di Amerika Serikat mengaku jikalau alpukat dapat membantu mencegah dan mengobati mual yang sering dideritanya pada usia kehamilan trimester pertama. Meski belum ada penelitian yang pernah dilakukan sebagai bukti manfaat alpukat untuk ibu hamil yang satu ini , Anda tentu boleh mempercayainya , mengingat ada alasan ilmiah yang dapat menjelaskan hal ini. Alpukat memiliki kandungan vitamin B6 cukup banyak , dan vitamin B6 sendiri dapat menurunkan tingkat keasaman lambung secara signifikan. Asam lambung yang tinggi yaitu sumber utama mual pada ibu hamil.

2.  Mengoptimalkan Pertumbuhan Otak Janin

Salah satu manfaat kesehatan terbesar alpukat selama kehamilan yaitu bahwa ia dilengkapi dengan asam folat , zat yang sangat penting dalam perkembangan awal bayi Anda. Seperti diketahui bahwa , kekurangan asam folat pada usia kehamilan trimester pertama dapat memacu timbulnya gangguan tabung saraf dan spina bifida pada janin.

Mengkonsumsi alpukat secara rutin selama kehamilan trimester tamat juga membantu menyediakan asam folat yang diperlukan untuk pertumbuhan otak janin. Jika ingin janin Anda cerdas semenjak dalam kandungan mengkonsumsi buah berjulukan latin Persea americana ini tentu salah satu cara yang tepat.

3.  Mengatasi Kram Kaki

Jika Anda mengalami kram kaki selama kehamilan –biasanya terjadi di usia kehamilan trimester akhir- , alpukat dapat membantu Anda meredakannya. Dibandingkan pisang , alpukat memiliki lebih banyak kalium , dan kadar kalium (bersama dengan kalsium) dapat membantu meringankan kram kaki Anda.

4.  Menjaga Keseimbangan Kadar Gula Darah

Manfaat alpukat untuk ibu hamil selanjutnya yaitu dapat menjaga keseimbangan gula darah. Ibu hamil yang mengalami diabetes dianjurkan untuk mengkonsumsi buah yang berasal dari Mexico ini minimal satu buah perhari , baik dalam bentuk jus maupun dalam bentuk buah bulat.

5.  Meningkatkan Kesuburan Reproduksi

Suku Aztec kuno percaya jikalau konsumsi buah alpukat pada pria dan wanita dapat meningkatkan kesuburan sistem reproduksinya. Kepercayaan bangsa asli Mexico ini rupanya benar dan telah dibuktikan secara ilmiah. Alpukat mengandung asam folat , zat yang baik untuk meningkatkan kesuburan reproduksi. Ia juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat menciptakan lingkungan konsepsi yang sehat bagi proses pembuahan.

Kendati memiliki banyak manfaat , alpukat tidak dianjurkan untuk mereka yang memiliki alergi lateks alasannya dapat meningkatkan risiko terjadinya gatal-gatal. Oleh alasannya itu , keputusan untuk mengkonsumsi alpukat untuk ibu hamil perlu memperhatikan risiko tersebut. Silakan periksakan apakah Anda menderita alergi lateks atau tidak pada dokter Anda.

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser