Tips mengobati perut kembung Bayi

Bundafarrel.com-- Perut kembung merupakan hal yang sering terjadi terutama pada bayi. Biasanya bayi yang mengalami perut kembung akan mudah menangis dan sulit sekali untuk tertidur. Saat masalah ini terjadi biasanya ibu yang kurang ilmu pengetahuan pasti mengira bayinya hanya sedang merasa kehausan saja padahal ia tidak tahu ternyata si bayi sedang mengalami perut kembung.

Kebanyakan ibu biasanya mengoles minyak telon atau minyak bawang pada perut bayi saat perut bayi sedang kembung. Ternyata menurut Dr Melisa, MBomed, SPA, seorang specialis ahli anak menerangkan bahwa menggunakan minyak telon, miyak kayu putih atau minyak bawang memang sudah sangat populer dan cara tradisional yang sering digunakan oleh masyarakat untuk mengatasi perut kembung pada bayi, namun sebenarnya cara tersebut hanya menghangatkan perut bayi saja bukan untuk menyembuhkan perut kembung.

Tips mengetahui perut bayi kembung

  1. Perut bayi seperti keras bila ditekan

  2. Perut Menjadi besar dari biasanya

  3. Sering menangis tanpa sebab

  4. Bayi sering menarik-narik kakinya kearah perut

  5. Bayi lebih banyak bergeak dari biasanya

  6. Bayi sering buang angina

  7. Sulit untuk tidur


Adapun Penyebabnya :

  1. Menghisap botol susu yang sudah kering atau habis

  2. Proses ASI yang salah atau bayi mengeluarkan suara cap-cap saat diberi ASI

  3. Popok digunakan bayi yang sudah basah atau jarang mengganti popok

  4. Bayi sering tidur dengan kipas angin langsung

  5. Terlalu lama di suhu udara yang dingin seperti AC

  6. Susu formula yang tidak cocok untuk bayi


Tips mengobati perut kembung pada bayi

  • Mengajak bermain
    Dengan mengajak bermain selain dapat melatih kecerdasan dan kesiapan anak, dapat pula mengatasi perut kembung. Sebab dengan mengajak terus bermain dan selalu aktif ternyata mampu mengeluarkan gas dengan sendirinya oleh anak.

  • Menepuk punggung bayi dengan lembut
    Ketika bayi mengalami perut kembung dapat ditangani dengan menepuk punggungnya secara lembut. Lakukan cara ini selama satu menit hingga bayi gas dalam perut bayi keluar atau bayi bersendawa sambil digendong.

  • Air hangat
    Menggunakan air hangat untuk mandi dan meminumkannya pada anak ternyata dapat mengatasi perut kembung. Sebab dapat memberikan rasa hangat pada tubuh dan dapat mengeluarkan gas dalam perut.

  • Menggosok perut secara perlahan
    Untuk mengatasi perut kembung pada anak-anak dan bayi bisa dengan menggosok perutnya secara lembut dan perlahan. Caranya, dengan membaringkannya lalu gosok perlahan dengan lembut. Dapat pula menggunakan minyak kayu putih atau minyak telon supaya tubuh bayi terasa hangat, sehingga gas dalam perut dapat keluar.


Selain itu, untuk mengeluarkan gas pada perut si buah hati bisa dengan melakukan gerakan latihan pada anak. Caranya dengan membaringkannya lalu pegang bagian kaki. Kemudian gerakkan perlahan-lahan secara berkala. Cara ini dapat menggerakkan usus sehingga udara atau gas dalam perut anak dapat keluar.

  • Hindari susu formula
    Susu formula sangat penting bagi para ibu yang tidak dapat menyusui anaknya. Namun, menggunakan susu formula juga dapat beresiko mengalami perut kembung pada anak. Selain itu, kandungan gizi pada susu formula tidak begitu lengkap sehatnya dibandingkan dengan ASI. Oleh karena itu, hindari penggunaan susu formula pada anak, sebab dapat menyebabkan perut kembung.

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser