6 Obat Batuk untuk Ibu Menyusui yang Aman Anjuran Dokter

Sama seperti ketika hamil , ketika menyusui Anda juga harus berhati-hati dalam mengkonsumsi obat untuk menyembuhkan duduk perkara kesehatan Anda. Meski dalam dosis kecil , kandungan materi aktif dari obat yang dikonsumsi , sedikit banyak akan mengalir dalam ASI Anda. Jika dikonsumsi bayi , ASI yang mengandung materi aktif dari obat tersebut pasti akan menghipnotis kondisi kesehatan bayi.

Obat Batuk untuk Ibu Menyusui

Hal yang sama berlaku juga ketika Anda sedang terserang batuk. Selama menyusui , Anda tak boleh mengkonsumsi obat batuk secara serampangan tanpa konsultasi ke dokter. Bahan aktif obat batuk yang mengalir melalui ASI dan dikonsumsi bayi dapat menyebabkan beberapa duduk perkara kesehatan pada bayi menyerupai gagal jantung , kelumpuhan , hiperaktif , bahkan mampu menyebabkan kematian.

Menyadari bahaya-bahaya tersebut , dokter biasanya akan menyarankan beberapa obat batuk untuk ibu menyusui yang aman alasannya yaitu terbuat dari bahan-bahan herbal. Obat batuk untuk ibu menyusui tersebut antara lain:

1. Obat Batuk Silex

Untuk mengobati batuk ketika menyusui , Anda mampu mengkonsumsi obat batuk Silex herbal. Merk obat batuk ini aman bagi ibu hamil , maupun ibu menyusui alasannya yaitu memang terbuat dari bahan-bahan alami menyerupai Guaifenesin , Ekstrak Primulae , Ekstrak Thymi , Ekstrak Droserae , Ekstrak Althaea , Minyak Eucalyptus , Ekstrak Serpylli , dan Minyak Anisi.

2. Obat Batuk Laserin

Sama halnya menyerupai obat batuk Silex , beberapa dokter biasanya juga akan menyarankan Anda untuk mengobati batuk ketika menyusui dengan obat batuk Laserin. Obat batuk Laserin dapat dikonsumsi sebagai obat batuk aman untuk ibu menyusui alasannya yaitu terbuat dari bahan-bahan alami menyerupai Zingiberis rhizoma , Euphorbia hirta herba , Cardamomum fructus , Cinnamomum cortex , Caryophyllum flos , Abri folium , Piperis folium , Mentha arvensis folium , Oleum mentha piperitae , Hibiscus tilliaceus folium , Succus , dan liquiritae.

3. Asam Jawa

Untuk mengatasi batuk berdahak ketika menyusui , Anda juga dapat menggunakan asam jawa yang dicampur dengan gula jawa untuk membuat wedang asem. Asam jawa mampu berperan sebagai mukolitik dan ekspektoran yang mengencerkan dahak di kerongkongan Anda. Minum ramuan ini pagi dan sore setelah makan , insya Alloh dalam 2 hari batuk Anda akan segera sembuh.

4. Bawang Putih

Selain menggunakan asam jawa , Anda juga mampu memanfaatkan bawang putih sebagai obat batuk untuk ibu menyusui yang aman dan tak berefek samping pada bayi yang disusui. Bawang putih berperan sebagai mukolitik yang dapat mengencerkan dahak lengket di tenggorokan Anda. Cara menggunakannya , Anda cukup mengiris tipis 2 siung materi ini , mencampurkannya ke nasi , dan memakannya 3 kali sehari.

5. Jahe dan Kencur

Penelitian dari Chinese Herbal Medicine menyebut kalau jahe dan kencur rupanya juga dapat menjadi alternatif obat batuk untuk ibu menyusui yang aman. Keduanya mampu mengencerkan dahak dan menunjukkan rasa hening pada ibu yang menderita batuk berdahak. Jahe atau kencur yang dipanggang dan dimemarkan , kemudian dimasukan dalam teh hangat akan sangat manjur untuk mengatasi batuk. Penggunaannya juga jelas-jelas aman dan tidak akan menghipnotis kualitas ASI yang ibu hasilkan.

6. Anggur Hijau

Buah anggur hijau juga mampu digunakan sebagai alternatif obat batuk untuk ibu menyusui yang murah dan tak menjadikan efek samping. Cukup jadikan ia sebagai cemilan , dan rasakan khasiatnya. Dahak Anda yang sulit keluar , dalam beberapa hari pasti akan segera mencair.

7. Daun Kemangi

Jika menderita batuk tidak berdahak (batuk kering) , ibu menyusui disarankan untuk menggunakan rebusan daun kemangi sebagai obat peredanya. Rebusan daun kemangi berperan sebagai antitussive dan dekongestan yang dapat mengurangi rasa gatal di tenggorokan. Minum obat batuk untuk ibu menyusui satu ini minimal 3 kali sehari sampai rasa gatal di tenggorokan Anda benar-benar hilang.

8. Kangkung

Tentu Anda tak menyangka kalau sayuran yang satu ini rupanya mampu pula dimanfaatkan sebagai alternatif obat batuk untuk ibu menyusui. Ya , kangkung memiliki kandungan antihistamin , zat yang mampu menenangkan dan membuat Anda tertidur pulas tanpa gangguan batuk kering. Sayur ini mampu di buat jus atau dijadikan lalapan yang mampu dikonsumsi kapan saja.

Nah , itulah 8 obat batuk untuk ibu menyusui yang mampu Anda pilih. Yang perlu diingat , ketika batuk menyerang usahakan untuk selalu menggunakan masker ketika menyusui atau merawat bayi Anda , perbanyak konsumsi sayur hijau , buah , dan vitamin C , serta cukupi kebutuhan air minimal 2 ,5 liter per hari.

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser