7 Makanan Ampuh Penghilang Mual Saat Hamil Muda

Mual merupakan keluhan umum yang terjadi di masa kehamilan awal. Kadar hormon HCG dan hormon estrogen yang melonjak drastis di usia kehamilan trimester pertama merupakan penyebab utama terjadinya keluhan ini. Kedua hormon tersebut memicu adegan otak yang mengontrol mual dan muntah menjadi lebih sensitif terhadap aroma , kedaluwarsa , dan rasa tertentu. Selain itu , akses pencernaan yang terdesak alasannya ialah pertumbuhan janin juga membuat asam lambung terpacu untuk keluar melalui tenggorokan sehingga semakin membuat ibu hamil mudah mengalami mual dan muntah terutama di pagi hari.

obat-mual-hamil-muda

Obat Mual Hamil Muda

Mual ketika hamil tidak mampu dianggap sepele. Saat hamil muda , badan membutuhkan banyak nutrisi untuk pertumbuhan optimal janinnya. Jika mual membuat ibu hamil menjadi hilang nafsu makan , dari mana janin mampu memperoleh kebutuhan gizinya , sedangkan untuk makan saja , si ibu tak berselera. Menyadari hal tersebut , mual ketika hamil perlu diatasi dengan serius.

Seperti dikutip dari situs WebMD.com , ada beberapa makanan yang dapat membantu ibu hamil menghilangkan rasa mualnya secara cepat. Apa saja makanan penghilang mual ketika hamil muda tersebut? Berikut pemaparannya untuk Anda ketahui.

1. Jahe

Sudah semenjak lama , jahe menjadi materi herbal yang membantu kita mengatasi mual ketika mabuk di kendaraan. Aroma dan rasanya yang khas membuat adegan otak yang mengontrol rasa mual menjadi lebih rileks. Untuk menghilangkan rasa mual ketika hamil muda , Anda disarankan untuk menggigit sebuah jahe , mengunyah permen jahe , atau meminum teh hangat yang dicampur dengan jahe bakar.

2. Buah Apel Hijau

Bagi ibu hamil , buah apel hijau menjadi salah satu buah terbaik yang mampu menjadi alternatif mencapai kehamilan sehat. Apel hijau memiliki banyak serat dan vitamin C yang membantu kesehatan pencernaan , mencegah konstipasi (susah BAB) , dan meningkatkan kekebalan atau sistem imun tubuh.

Selain beberapa manfaat tersebut , buah apel dianggap merupakan salah satu makanan penghilang mual ketika hamil muda yang cukup efektif. Kandungan airnya yang segar membantu Anda bebas dari problem dehidrasi dan kelesuan alasannya ialah mual dan muntah yang dialami.

3. Buah Pisang

Pisang merupakan buah yang sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Buah ini membantu dalam banyak hal , salah satunya dalam mengatasi mual yang terjadi di masa awal kehamilan. Pisang kaya akan vitamin B6 , vitamin yang membantu menetralkan keadaan lambung dan organ pencernaan lainnya.

4. Buah Jeruk

Jeruk kaya antioksidan dan vitamin C. Aroma dan rasanya yang khas juga mampu diandalkan sebagai obat mual ketika hamil muda yang cukup manjur. Mengkonsumsi buah jeruk secara rutin sangat baik untuk membebaskan Anda dari derita morning sickness di masa kehamilan awal. Anda mampu mengkonsumsinya dalam banyak sekali varian sajian , salah satunya sajian jus jeruk.

5. Daun Mint

Daun mint merupakan materi herbal beraroma segar yang sangat efektif dalam mengontrol adegan otak yang bekerja mengatur mood.  Kunyahlah beberapa lembar daun mint ketika pagi hari atau ketika Anda mulai merasa mual. Jika sulit menemukannya , Anda juga mampu menggantinya dengan permen rasa mint atau penganan lain yang mengandung rasa mint.

6. Kacang

Kekurangan protein dalam darah juga mampu menjadi penyebab timbulnya rasa mual ketika hamil muda. Untuk mengatasi rasa mual alasannya ialah penyebab ini , Anda disarankan untuk memperbanyak asupan protein , misalnya dengan banyak mengkonsumsi kacang-kacangan menyerupai kacang hijau , kacang tanah , kacang almond sebagai camilan sehat. Protein dari kacang-kacangan (nabati) cenderung lebih aman terutama bagi kesehatan dan pertumbuhan janin Anda.

7. Ketimun dan Buah Berair Lainnya

Ketimun dan buah lembap dari family Cucurbitae seperti melon , tomat , blewah , semangka , dan lain sebagainya juga mampu menjadi alternatif penghilang rasa mual di ketika hamil muda. Mengkonsumsinya dengan jumlah yang proporsional menunjukkan 2 manfaat sekaligus , yaitu membebaskan Anda dari rasa mual serta membuat Anda mencukupi kebutuhan nutrisi kehamilan dengan cara yang sehat.

Nah itulah 7 makanan penghilang mual ketika hamil muda yang mampu Anda coba. Silakan dipraktekan , balasannya tuliskan kembali dalam kolom komentar sebagai perbandingan ibu hamil-ibu hamil lainnya. Semoga bermanfaat.

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser