Efek Samping KB Implant (Susuk) Kelebihan dan Biaya Pemasangannya

KB Implant atau dikenal juga dengan sebutan KB Susuk ialah salah satu metode kontrasepsi yang cukup banyak digunakan wanita di Indonesia. Metode kontrasepsi ini dikenal tidak menyebabkan banyak efek samping layaknya jenis KB lainnya menyerupai KB suntik , Pil KB , maupun KB spiral (IUD). Bagi Anda , ibu muda yang memiliki rencana untuk menunda kehamilan dalam jangka waktu panjang , metode kontrasepsi dengan KB implant (susuk) ini mungkin mampu menjadi pilihan yang baik. Tapi sebelum memutuskan untuk menggunakannya , kami sarankan kenalilah terlebih dahulu apa saja kelebihan serta kerugian yang mampu diperoleh darinya. Agar Anda tidak salah pilih , berikut ini , efek samping KB implan , serta biaya yang harus Anda keluarkan untuk dapat menggunakannya. Silakan disimak!

Efek Samping KB Implan

KB Implant (Susuk)

KB implant ialah metode kontrasepsi yang dilakukan dengan menyusupkan sebuah implant yang mengandung hormon progestin ke lengan atas. KB implant sering disebut KB susuk alasannya ialah cara pemasangannya yang menyerupai mirip pemasangan susuk kecantikan (baca: Ilmu Magis). Jenis KB ini dikenal cukup efektif dalam mencegah terjadinya kehamilan. Satu kali dipasang , ia akan membuat Anda terjaga dan bebas dari kehamilan selama 5 tahun.

Kelebihan KB Implant

Banyak wanita Indonesia yang memilih jenis KB ini untuk mencegah terjadinya kehamilan alasannya ialah KB ini dianggap menunjukkan lebih banyak keuntungan dibandingkan dengan metode kontrasepsi yang lain. Beberapa keuntungan KB implant tersebut antara lain:
  1. Tidak menyebabkan rasa sakit di dalam kulit alasannya ialah wujudnya yang elastis.
  2. Kesuburan reproduksi dapat kembali pulih dengan segera setelah implant dilepas.
  3. Saat hendak dipasang , pemeriksaan dalam tidak begitu diperlukan.
  4. Efek samping hormonal yang ditimbulkan jauh lebih sedikit alasannya ialah implan tidak mengandung estrogen.
  5. Tidak menyebabkan duduk perkara ketika sedang melaksanakan kekerabatan badan.
  6. Tidak mengganggu volume dan kualitas ASI sehingga cocok digunakan oleh ibu menyusui.
  7. Dapat dilepas sewaktu-waktu sesuai kebutuhan dan impian Anda.

Efek Samping KB Implant

Selain mempunyai banyak kelebihan , penggunaan KB Implant juga diketahui dapat menunjukkan beberapa efek samping. Efek samping KB implant tersebut antara lain:
  1. Menimbulkan rasa mual , mood memburuk , dan sakit kepala pada beberapa jam setelah pemasangan.
  2. Implan yang dipasang biasanya akan terlihat menonjol di kulit sehingga akan mengganggu penampilan.
  3. Meninggalkan bekas luka sayatan pada ketika pemasangan dan pelepasan implant.
  4. Dapat menyebabkan komplikasi pada wanita yang memiliki riwayat kanker payudara , penggumpalan darah , kolesterol tinggi , hipertensi , siklus haidh tidak teratur , penyakit jantung , dan penyakit kandung empedu.

Biaya Susuk KB

Menyadari bahwa kelebihan yang diberikan lebih banyak dibandingkan dengan efek samping yang ditimbulkannya , tentu wajar kalau KB implant menjadi alat kontrasepsi pilihan utama bagi wanita di Indonesia. Semisal Anda tertarik untuk menggunakan metode KB ini , berikut ini ialah gambaran biaya pemasangan KB implant berdasarkan peraturan Kemenkes tahun 2010.

No. Jenis KB Implan Kemasan Harga
1. Etonogestrel 68 mg 1 set , 1 implant Rp. 269.840
2. Levonogestrel 75 mg 1 set , 2 implant Rp. 210.270
3. Levonogestrel 75 mg + Inserter 1 set , 2 implant , 1 inserter Rp. 275.000
4. Levonogestrel 36 mg 1 set , 6 implant Rp. 283.400
Nah , itulah berita mengenai KB implant mulai dari kelebihan , efek samping , serta biaya pemasangannya. Mengingat bahwa efek samping KB implant lebih sedikit dibanding metode kontrasepsi lainnya , kami sarankan Anda untuk menggunakan KB implant. Tapi , sebelum memutuskan alangkah baiknya Anda berkonsultasi pada dokter yang sudah berpengalaman.

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser