5 Ikan yang Baik untuk (Agar Janin Cerdas)

Mengkonsumsi ikan selama ikan yang baik untuk ibu hamil nampaknya menjadi perlu untuk Anda miliki.

Ikan yang Baik untuk

Sejatinya , semua ikan memiliki kandungan gizi sehingga baik dikonsumsi selama kehamilan. Namun , adanya kandungan merkuri pada beberapa jenis ikan membuat Anda harus selektif dalam memilih jenis ikan yang akan Anda konsumsinya. Merkuri yang tinggi pada ikan dapat membuat pertumbuhan janin mengalami persoalan , mulai dari alergi , cacat lahir , gangguan syaraf , dan persoalan perkembangan otak.

Menyadari hal tersebut , nampaknya penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa jenis ikan yang baik dan yang dilarang selama kehamilan. Berikut ini , kami telah menyusun beberapa jenis ikan yang baik untuk ibu hamil beserta alasannya. Silakan disimak!

1. Ikan Lele

Di antara ikan air tawar lainnya , ikan lele menjadi salah satu yang terbaik untuk dikonsumsi selama kehamilan. Ikan lele mengandung lemak baik dan protein yang tinggi , dua zat gizi yang menyokong pertumbuhan dan perkembangan maksimal pada janin. Selain itu , daging ikan lele juga kaya akan fosfor dan kalium. Fosfor merupakan mineral penting yang diperlukan untuk pembentukan tulang janin , sedangkan kalium dapat membantu jantung dan pembuluh darah untuk lebih sehat.

 Ikan yang Baik untuk

2. Ikan Salmon

Ikan laut memang dianjurkan untuk tidak dikonsumsi selama kehamilan sebab adanya kandungan merkuri , zat yang dapat merusak pertumbuhan janin. Meski begitu , sejatinya kandungan merkuri dari masing-masing ikan laut berbeda-beda. Ada yang tinggi dan ada yang rendah. Salah satu pola ikan laut dengan kandungan merkuri rendah misalnya ikan salmon. Ikan salmon termasuk memiliki kadar merkuri rendah tapi memiliki banyak manfaat bagi kehamilan , sehingga ia dikategorikan ke dalam jenis ikan yang baik untuk ibu hamil.

Ikan salmon mengandung asam lemak Omega 3 , DHA , dan EPA. Ketiganya yaitu zat yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan neorologis dan penglihatan pada janin. Jika Anda ingin memiliki anak yang cerdas semenjak dalam kandungan , mengkonsumsi ikan yang berhabitat di Samudra Atlantik dan Pasifik ini mungkin merupakan pilihan tepat.

 Ikan yang Baik untuk

3. Ikan Sarden

Ikan sarden kalengan juga termasuk golongan ikan yang baik untuk ibu hamil konsumsi. Ikan ini mengandung protein tinggi tapi sangat rendah merkuri. Yang perlu diingat ketika akan mengkonsumsinya , pastikan ikan kalengan yang Anda beli benar-benar berbahan ikan sarden , bukan ikan makarel. Selain itu , jikalau mampu usahakan pilih ikan sarden kalengan yang rendah sodium , terutama jikalau Anda mengalami hipertensi selama kehamilan.

4. Ikan Teri

Meski ukurannya kecil , ikan teri rupanya memiliki keistimewaan yang luar biasa dibandingkan jenis ikan lainnya. Ikan ini sangat kaya kalsium , zat yang penting untuk menunjang pertumbuhan tulang dan gigi janin. Selain itu , ia juga kaya akan protein , fosfor , zat besi , beberapa vitamin , serta mineral lainnya. Dan yang paling penting , ikan ini sangat rendah merkuri sehingga aman dikonsumsi selama kehamilan.

 Ikan yang Baik untuk

5. Ikan Mas

Ikan yang baik untuk ibu hamil selanjutnya yaitu ikan mas. Ya , ikan ini memang terang tidak mengandung merkuri , mengingat ia memang tidak akan mampu hidup di perairan yang tercemar , sehingga aman dikonsumsi selama kehamilan. Selain itu ,  ikan ini juga kaya protein , lemak baik , kalsium , fosfor , protein dan vitamin yang dapat mencukupi kebutuhan gizi bagi pertumbuhan janin.

Nah , itulah beberapa jenis ikan yang baik untuk ibu hamil beserta alasannya. Semoga dengan goresan pena ini , Anda dan janin mampu terhindari dari paparan merkuri yang mengancam dalam ikan-ikan lainnya.

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser