Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar (BAB) selama Hamil

Susah buang air besar atau konstipasi yaitu salah satu keluhan yang biasa muncul selama hamil. Masalah susah buang air besar terjadi karena adanya peningkatan hormon progesteron yang mengakibatkan relaksasi otot sehingga kerja usus menjadi kurang efisien. Pada trimester tiga kehamilan , susah buang air besar juga disebabkan penitikberatan rahim yang membesar di kawasan perut. Selain itu , jikalau ibu hamil kurang beraktivitas , maka kerja usus dalam mencerna makanan akan menjadi turun dan hal ini dapat mengakibatkan kotoran dalam sistem pencernaan menjadi sulit dibuang.

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar (BAB) selama Hamil

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar selama Hamil

Untuk mengatasi persoalan susah buang air besar selama hamil , Anda dapat melaksanakan beberapa hal antara lain memperbanyak minum , memperbanyak makan makanan berserat , rutin berolahraga , dan berkonsultasi dengan dokter Anda.

1. Memperbanyak minum air putih

Untuk mencegah terjadinya sembelit atau susah buang air besar selama hamil , Anda sebaiknya memperbanyak minum air putih. Dengan minimal minum 8 gelas atau 2 liter air putih perhari , sembelit tidak akan mudah menyerang Anda. Bila bosan , air putih juga dapat diganti dengan jus jeruk manis dan yogurt.

2. Perbanyak makan makanan berserat

Baik hamil atau tidak , buang air besar dapat diredakan menggunakan makanan-makanan berserat. Serat yang ada dalam makanan ibarat sereal gandum , kacang-kacangan , sayuran hijau , dan buah-buahan akan membuat tekstur kotoran Anda semakin halus dan memudahkan Anda ketika buang air besar.

3. Rutin berolahraga

Terlalu banyak berdiam diri akan membuat usus besar malas melaksanakan fungsinya dalam mencerna makanan. Hal ini mengakibatkan kotoran Anda menjadi bergairah dan keras sehingga ketika buang air besar , Anda perlu mengejan dengan kuat. Untuk mengoptimalkan kerja usus besar tersebut , Anda harus berolahraga secara rutin. Olahraga yang dapat dilakukan misalnya sepeda statis , renang , atau senam kehamilan.

4. Konsultasi dengan dokter

Jika ketiga cara mengatasi susah buang air besar (BAB) di atas belum juga membuahkan hasil , kami menyarankan Anda untuk segera berkonsultasi dengan dokter Anda. Selain untuk mengobati persoalan buang air besar , konsultasi juga berfungsi untuk mengetahui kemungkinan adanya kelainan pada sistem pencernaan Anda.

Dengan mengikuti tips tersebut , supaya persoalan susah buang air besar ketika hamil dapat teratasi , sehingga Anda dapat menjalani masa-masa kehamilan dengan menyenangkan. Dan perlu diingat pula bahwa ketika susah buang air besar , jangan terlalu sering mengkonsumsi pil penambah darah karena hal ini dapat memperparah sulit buang air besar yang Anda alami. Anda pun disarankan untuk tidak meminum obat pencahar karena hal ini cukup beresiko pada janin yang Anda kandung.

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser