5 Cara Mengetahui Masa Subur dengan Mudah Pilih Sendiri!

Artikel isu seputar cara mengetahui masa subur wanita ini yakni undangan dari Ny. Intan Rahayu Ningtyas di Lampung. Anda juga dapat meminta kami membahas topik-topik tertentu dengan cara mengirimkan undangan melalui formulir kontak yang ada di adegan bawah halaman website ini.
---
Banyak di antara kita yang sulit memperoleh kehamilan meskipun sudah bertahun-tahun menikah. Entah sebab hal apa , yang terperinci bagi sebagian orang keadaan ini tentu sangat mengkhawatirkan.

Dalam Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia , dijelaskan bahwa untuk memperoleh kehamilan , seorang wanita wajib melaksanakan kekerabatan di masa suburnya. Kehamilan bergotong-royong hanya terjadi jikalau sel telur yang matang di dalam rahim dibuahi oleh sperma. Sel telur yang matang sendiri hanya akan diperoleh dikala seorang wanita mengalami masa subur yang siklusnya bergulir setiap 1 bulan sekali. Oleh sebab itu , jikalau Anda ingin segera hamil , ajaklah pasangan Anda berafiliasi di masa subur Anda.

Lalu Bagaimana Cara Mengetahui Masa Subur Anda

Jika Anda ingin cepat hamil , Anda memang dituntut untuk melaksanakan kekerabatan di masa subur. Namun , mungkin Anda sendiri masih belum tahu dan gundah kapan bergotong-royong masa subur Anda tercapai. Nah , untuk menyelesaikan duduk perkara tersebut , berikut ini kami telah tuliskan beberapa cara yang mampu dilakukan untuk mengetahui masa subur Anda secara mudah dan cepat.

1. Mengetahui Masa Subur dengan Sistem Kalender

Salah satu cara mengetahui masa subur yang biasa dilakukan oleh banyak wanita Indonesia yakni dengan menggunakan sistem kalender kehamilan. Cara ini tergolong mudah dan relatif akurat.

Cara Mengetahui Masa Subur dengan Sistem Kalender

Untuk mengetahui masa subur dengan metode ini , pertama kali yang harus Anda lakukan yakni mengecek apakah siklus haidh Anda teratur atau tidak. Jika siklus haidh Anda teratur , maka masa subur umumnya dicapai pada hari ke 13 - 15 setelah Anda mengalami haidh terakhir. Sedangkan jikalau siklus haidh Anda tidak teratur , maka hal yang harus Anda ketahui yakni berapa lama siklus haidh terpendek dan terpanjang Anda selama 6 bulan terakhir , mengurangkan siklus terpendek dengan 18 , dan mengurangkan siklus haidh terpanjang dengan 11.

Contoh: Jika Anda mengalami siklus haidh terpendek dan terpanjang selama 6 bulan terakhir masing-masing 28 hari dan 31 hari , maka masa subur Anda akan berlangsung antara 10 hingga 20 hari setelah haidh terakhir (28 -18 = 10 dan 31 - 11 = 20).


2. Mengetahui Masa Subur dengan Memeriksa Cairan Vag!na

Cara mengetahui masa subur wanita juga mampu dilakukan dengan memeriksa cairan vag!na. Cara ini juga relatif akurat dan mampu dilakukan bersama cara mengetahui masa subur yang lainnya.

Saat masa subur , cairan vag!na umumnya akan terasa lebih encer dan terlihat menyerupai cairan putih telur. Untuk mengetahui masa subur Anda , masukan jari telunjuk dalam vag!na hingga menyentuh serviks. Biarkan jari terbasahi kemudian perlahan tariklah cairan tersebut dengan pemberian ibu jari. Bila cairan gres terputus setelah panjangnya mencapai 10 cm , maka Anda memang sedang ada dalam masa subur.

3. Mengetahui Masa Subur dengan Menggunakan Alat Tes

Cara mengetahui masa subur wanita yang cenderung lebih akurat dibanding cara-cara lain yakni dengan menggunakan alat tes masa subur. Alat tes menyerupai ovutestscope menunjukkan hitungan yang lebih cepat dan tepat. Cara kerjanya juga cukup sederhana , yaitu dengan mengukur kadar LH urine Anda. Adapun untuk pengetahuan seputar alat ini , Anda mampu mengunjungi halaman berikut: http://ovutestscope.com/.

Cara Mengetahui Masa Subur dengan mudah tidak teratur

4. Mengetahui Masa Subur dengan Mengecek Suhu Tubuh

Cara lain yang mampu dilakukan untuk mengetahui masa subur Anda yakni dengan mengecek suhu tubuh. Meski cenderung lebih ribet , cara ini akan menunjukkan kepuasan tersendiri bagi Anda sebab prediksinya jarang meleset.

Perlu diketahui bahwa dikala mencapai masa subur , suhu basal badan wanita umumnya akan meningkat dibanding hari-hari biasa. Jika Anda ingin menggunakan cara ini , mulai sekarang Anda harus rutin mengecek suhu badan setiap berdiri tidur , sehingga Anda akan mampu tahu kapan suhu badan Anda meningkat. Selain itu , pastikan bahwa Anda sedang dalam kondisi sehat , sehingga naiknya suhu badan Anda tersebut terjadi bukan sebab Anda sedang mengalami demam atau semacamnya. [Baca : Makanan yang Dapat Mempercepat Kehamilan]

5. Mengetahui Masa Subur dengan Kalkulator Kesuburan

Jika Anda tergolong orang yang suka bermain internet , untuk mengetahui masa subur Anda , Anda juga dapat menggunakan kalkulator kesuburan online yang disediakan situs-situs kehamilan. Dengan menggunakan fitur kalkulator kesuburan tersebut , Anda akan dapat mengetahui kapan masa subur Anda hanya dengan memasukkan data-data tertentu. Adapun salah satu kalkulator kesuburan yang mampu Anda coba misalnya kalkulator kesuburan yang disediakan oleh situs tanya dokter.

Nah , itulah beberapa cara mengetahui masa subur yang mampu Anda pilih. Semoga dengan mengetahui kapan masa subur Anda , Anda akan mampu segera memperoleh kehamilan , sehingga keluarga Anda menjadi lebih lengkap dengan datangnya si kecil.

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser