7 Persiapan Menjelang Persalinan yang Wajib Anda Lakukan

Memasuki usia kehamilan trimester ketiga , Anda sebagai seorang persiapan menjelang persalinan supaya proses ini dapat berlangsung dengan baik sehingga bayi terlahir dengan sehat dan Anda pun selamat.

Persiapan Menjelang Persalinan

Ada aneka macam hal yang bergotong-royong harus dipersiapkan menjelang persalinan. Persalinan yakni proses yang mendebarkan terutama bagi Anda yang gres pertama kali akan mengalaminya. Persalinan perlu dipikirkan dan dipersiapkan dengan matang supaya semuanya berjalan dengan lancar. Berikut ini yakni beberapa persiapan menjelang persalinan yang kami maksud tersebut.

1. Pilih Metode Persalinan

Hal pertama yang Anda harus lakukan dalam persiapan menjelang persalinan yakni dengan menentukan atau memilih metode persalinan yang sempurna untuk Anda. Dalam memilih metode persalinan ini , banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan , mulai dari kondisi fisik Anda , kondisi kehamilan , keadaan keuangan , dan kesiapan mental Anda.

Persiapan Menjelang Persalinan
Untuk memilih metode persalinan yang sempurna , Anda sebaiknya mengkonsultasikan hal ini dengan tenaga kesehatan di sekitar Anda , keluarga dan suami Anda , serta diri Anda sendiri. Metode persalinan mana yang sempurna untuk diri Anda? Persalinan normal , caesar , vaccum , atau waterbirth? Anda yang tentukan sendiri!

2. Menyiapkan Tempat Persalinan

Setelah Anda memilih metode persalinan yang sekiranya sempurna bagi Anda , tahap selanjutnya yang harus Anda lakukan dalam persiapan menjelang persalinan yakni dengan memilih kawasan bersalin.

Persiapan ini tidak kalah penting sehingga Anda justru harus menyiapkannya jauh-jauh hari. Pertimbangkan jarak tempuh antara kawasan tinggal dan rumah sakit bersalin Anda supaya penanganan cepat mampu segera dilakukan. Selain itu , pastikan juga kawasan bersalin yang Anda pilih memiliki sarana prasarana yang menunjang metode persalinan  yang Anda pilih dan sesuai dengan keadaan finansial keluarga Anda.


3. Persiapan Finansial

Persalinan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk menjalaninya dengan hening , Anda perlu mempersiapkan dana semenjak jauh-jauh hari. Konsultasikan hal ini dengan pasangan Anda. Menabunglah dari jauh-jauh hari , sisihkan sebagian dari penghasilan keluarga Anda untuk membeli perlengkapan bayi yang gres lahir dan biaya persalinan Anda.

Persiapan Menjelang Persalinan

4. Persiapan Mental

Yang tak kalah penting dilakukan dalam persiapan menjelang persalinan yakni menguatkan mental Anda. Hal ini harus dilakukan alasannya yakni tak jarang wanita , terutama yang gres pertama kali hamil akan mengalami ketakutan dan kekhawatiran berlebih ketika memasuki dan menjelang persalinannya.

Untuk menguatkan mental Anda , perbanyaklah berdoa supaya hati dan pikiran Anda menjadi lebih tenang. Bayangkan pula wajah bayi Anda supaya Anda semangat melalui persalinan yang sudah di depan mata.[Baca: Doa Menjelang Persalinan]

5. Persiapan Fisik

Fisik yang prima yakni modal besar yang harus Anda miliki untuk melalui proses persalinan dengan aman dan selamat. Untuk memperolehnya , Anda dapat mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi serta melaksanakan olahraga ibarat jalan pagi dan senam hamil.

6. Persiapan Perlengkapan

Hal lain yang perlu diingat dalam persiapan persalinan yakni persiapan perlengkapan , baik perlengkapan untuk Anda maupun perlengkapan untuk bayi gres lahir. Perlengkapan-perlengkapan ini dapat Anda persiapkan 1 bulan sebelum waktu perkiraan lahir bayi. Klik di sini untuk mengetahui apa saja perlengkapan yang harus Anda persiapkan itu.

Persiapan Menjelang Persalinan

7. Pahami Tanda Persalinan Sudah Dekat

Anda dan pasangan juga harus mengetahui apa saja tanda-tanda persalinan sudah erat untuk dapat melaksanakan tindakan cepat ketika menjelang persalinan. Anda mampu memperoleh info dari dokter kandungan atau dengan bertanya pada wanita yang pernah melahirkan.

8. Dukungan dari Keluarga

Persiapan menjelang persalinan yang Anda lakuan harus dilengkapi dengan adanya perlindungan dari keluarga Anda , terutama suami. Sampaikan kekhawatiran Anda pada mereka sehingga Anda mampu menemukan solusi terbaik dari segala dilema yang akan Anda hadapi menjelang proses persalinan.

Nah , itulah beberapa persiapan menjelang persalinan yang sebaiknya Anda lakukan jikalau ingin menerima kenyamanan , keamanan , dan keselamatan menyongsong hari gres Anda sebagai seorang ibu yang seutuhnya. Semoga berhasil!

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser