8 Cara Mengatasi Bayi Sungsang agar Lahir Normal

Setiap ibu hamil pasti ingin janin yang hidup dalam kandungannya dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat serta dapat melalui persalinan secara normal dan lancar. Akan tetapi 3-4% ibu hamil di dunia ternyata akan mengalami sebuah kondisi kehamilan yang berbeda. Pada usia kehamilan 32 ahad , bayi dalam kandungan mereka tak kunjung menempati posisi yang benar. Kepalanya masih menghadap ke atas , sedang kaki atau ari-arinya menutupi jalan lahir. Kondisi yang dikenal dengan istilah bayi sungsang ini tak pelak sering membuat para ibu yang mengalaminya ketar-ketir. Bayangan akan persalinan caesar semakin membuat mereka lemah tak berdaya. Namun , jikalau Anda yang mengalami kondisi ini , jangan gundah dan gelisah. Ada beberapa tips cara mengatasi bayi sungsang dalam kandungan yang dapat Anda coba untuk mengembalikan bayi ke posisi yang seharusnya.

Cara Mengatasi Bayi Sungsang semoga Lahir Normal

Cara Mengatasi Bayi Sungsang

Sungsang dapat terjadi sebab bayi kesulitan untuk memutar tubuhnya di dalam perut ibu. Ada beberapa faktor yang menjadikan ia mengalami kesulitan tersebut. Namun yang terang , jikalau Anda ingin bayi dapat terstimulasi untuk mau berputar dan menempati posisi seharusnya cobalah beberapa cara mengatasi bayi sungsang pada usia kehamilan 6 , 7 , 8 , dan bahkan 9 bulan berikut ini.

1. Olahraga dan Senam Hamil

Olahraga dan gerakan senam hamil khusus untuk bayi sungsang memiliki tugas besar dalam mengatasi bayi yang tak mau berputar menempati posisi normalnya. Jenis olahraga yang dianjurkan dalam hal ini misalnya berenang. Berenang mampu membuat badan serta panggul ibu menjadi lebih longgar dan kalem sehingga memungkinkan bayi untuk mau bergerak dan menghindari posisi sungsang.

Senam  -Cara Mengatasi Bayi Sungsang semoga Lahir Normal
Senada dengan gerakan renang , beberapa gerakan yoga dalam senam hamil , ibarat gerakan headstand , knee chest , dan gerakan merangkak juga terbukti mampu membantu mengatasi bayi sungsang. Untuk mengetahui cara melaksanakan gerakan tersebut , Anda dapat berkunjung ke artikel ini.

2. Relaksasi Hypnobrithing

Teknik hypnobrithing sudah dikenal luas dalam dunia kedokteran kita sebagai salah satu cara mengatasi bayi sungsang yang cukup efektif. Anda mampu melaksanakan teknik ini dengan cara mengajak bayi Anda bicara dan memintanya untuk beralih ke posisi normal sembari Anda memvisualisasikan gerakan perputaran badan bayi. Jangan pernah menganggap sepele teknik ini sebelum Anda mencobanya. Lakukan minimal 2 kali sehari dan lihat perubahan yang terjadi.


3. Stimulasi Suara dan Cahaya

Lingkungan hidup bayi di dalam rahim sangat gelap dan sunyi. Menyadari bahwa pada usia 32 ahad indra penglihatan dan pendengarannya samar-samar mulai terbentuk , Anda juga mampu menstimulasi pergerakannya ke posisi normal dengan derma bunyi dan cahaya.

Stimulasi dengan derma bunyi dapat dilakukan dengan menyetel lagu klasik dan meletakan earphone sempurna di adegan bawah perut di erat tulang kemaluan selama 10 menit sebanyak 6 kali sehari. Sedangkan stimulasi menggunakan derma cahaya dapat dilakukan dengan menyinari perut Anda menggunakan cahaya lampu senter. Gerakan senter secara perlahan , turun dari puncak rahim ke arah tulang kemaluan secara berulang-ulang.

Musik Klasik - Cara Mengatasi Bayi Sungsang semoga Lahir Normal

4. Pijatan Ringan

minyak zaitun atau lotion yang aman untuk ibu hamil untuk melicinkan perut Anda.

5. Accupresure

Mengatasi bayi sungsang juga dapat dilakukan dengan metode accupresure atau menekan titik tertentu di adegan badan ibu. Teknik ini telah dilakukan semenjak 3.000 tahun di China dan memiliki tingkat keberhasilan sampai 88% dalam mengembalikan posisi bayi sungsang ke posisi normalnya. Adapun untuk melaksanakan teknik ini Anda cukup menekan titik akupresur yang terletak di sisi luar kuku kelingking kaki Anda selama 30 menit. Dengan melakukannya rutin setiap hari , kepala bayi secara perlahan akan terstimulasi untuk bergerak turun mendekati jalan lahir.

Cara Mengatasi Bayi Sungsang dalam kandungan usia 6 ,7 ,8 ,9 bulan

6. Stimulasi Jus Jeruk

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Oxford , Inggris menemukan bahwa ketika ibu mengkonsumsi minuman dengan kadar gula tinggi , secara reflek bayi akan terstimulasi untuk bergerak ke posisi tertentu. Hasil penelitian ini juga menjadi dasar teori bahwa mengkonsumsi segelas jus jeruk ketika pagi hari dengan posisi berbaring ke sisi kiri dapat membantu mengatasi bayi sungsang. Bayi akan terstimulasi untuk bergerak ke posisi yang seharusnya.

7. Stimulasi Kantong Es

Teknik stimulasi kantong es atau Pelvic Tilt yaitu salah satu cara mengatasi bayi sungsang yang cukup dikenal oleh ibu hamil di Eropa dan USA. Teknik ini dilakukan dengan meletakan kantong es selama 10 menit di adegan atas perut ibu hamil yang masih belum terisi makanan apapun. Teknik ini dilakukan sambil berbaring  dan pantat ibu di sangga menggunakan 3 bantal besar.

8. Homeopathic

Mengatasi bayi sungsang juga dapat dilakukan menggunakan derma obat khusus dengan merk Homeopathic Pulsatilla. Obat ini masih sangat jarang ditemukan di Indonesia. Salah satu yang menyediakan obat ini misalnya di Klinik Bumi Bali Sehat , Nyuh Kuning , Ubud-Bali. Namun , jikalau Anda memperolehanya , usahakan untuk berkonsultasi pada dokter dan tenaga medis setempat sebelum mengkonsumsinya.

Nah , demikianlah beberapa cara mengatasi bayi sungsang semoga dapat lahir normal. Silakan diterapkan dan semoga bayi Anda mampu segera menempati posisi yang seharusnya sebelum persalinan datang semoga Anda tak perlu melaksanakan operasi caesar.

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser