Bahaya Udang untuk Mitos atau Fakta?

Mitos yang menyebut bila udang untuk ibu hamil dapat menjadikan eksim , keracunan , bahkan keguguran pada janin yang berkembang di dalam kandungan , akhir-akhir ini kian santer berhembus. Karena mitos ini , tak sedikit para ibu hamil yang awalnya ngidam makan olahan udang menjadi urung , takut , dan memilih untuk tidak menuruti keinginannya itu alasannya ialah khawatir pada pertumbuhan bayinya.

Bolehkah Makan Udang?

Mitos perihal ancaman udang untuk ibu hamil yang kian meresahkan membuat tak sedikit ibu hamil yang kemudian bertanya mengenai keamanan konsumsi udang pada dokter kehamilannya. Salah satu dokter yang kami temui beberapa waktu lalu yakni dr. William Prasojo Sp.OG dari RS. Kasih Bunda , Makassar juga mengalami hal yang sama. Beliau sering ditanya perihal bolehkah ibu hamil makan udang oleh pasiennya yang berkunjung memeriksakan kesehatan kehamilan mereka.

Bahaya Udang untuk  , Mitos atau Fakta?
Menjawab hal ini , dr. William berpendapat bahwa udang bahwasanya aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Udang termasuk jenis makanan laut (seafood) yang rendah merkuri. Meskipun demikian , dr William berpesan bila Anda ingin mengkonsumsi udang selama kehamilan , pastikan untuk membatasi asupannya tak lebih dari 350 gr perminggunya.

Dr. William juga berpesan semoga bila Anda membeli udang , pastikan udang tersebut masih segar. Udang yang masih segar memiliki ciri antara lain kepalanya masih berpengaruh , kulitnya masih keras , mengkilap , dan kesat , dagingnya kenyal bila ditekan , dan tidak memiliki bau wangi yang terlalu menyengat.

Pastikan juga ketika memasak , Anda mengolah udang tersebut sampai benar-benar matang. Udang mentah atau udang yang setengah masak umumnya masih memiliki kandungan parasit dan basil yang membahayakan bila masuk dalam sistem pencernaan.

Terkait dengan mitos ancaman udang untuk ibu hamil yang dapat menjadikan janin di dalam kandungannya terserang eksim , dr. William berpendapat bahwa hal tersebut tidak benar. Udang dan eksim tak ada hubungannya sama sekali. Namun meski demikian , menurutnya udang memang mampu menjadikan keracunan bila dikonsumsi berlebihan. Daging udang mengandung zat arsenik yang bila terakumulasi dalam jumlah banyak dapat memicu timbulnya alergi dan gatal-gatal.

Nah , itulah gosip seputar udang untuk ibu hamil , ancaman , serta tips bila Anda ingin mengkonsumsinya selama masa kehamilan. Semoga mampu menambah wawasan Anda.

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser